Saturday, September 13, 2025
  • id Indonesian
    • en English
    • id Indonesian
Pusat Kewirausahaan Inovasi dan Inkubator Bisnis - UMSU
No Result
View All Result
  • Visi dan Misi
  • Struktur Organisasi
  • Pendaftaran
  • UKK
    • Daftar UKK disini
  • P2MW 2025
    • Materi P2MW – BELMAWA
    • Panduan P2MW 2025
    • Contoh Proposal P2MW
    • Lembar Pengesahan P2MW 2025
  • WMK 2024
    • Daftar Akun WMK 2024
    • Surat Rekomendasi PimpinanPT/Dekanat/Ka.Prodi
    • Surat Rekomendasi Khusus FEB
    • Alur Pendaftaran Akun WMK
  • Berita Terkini
  • Visi dan Misi
  • Struktur Organisasi
  • Pendaftaran
  • UKK
    • Daftar UKK disini
  • P2MW 2025
    • Materi P2MW – BELMAWA
    • Panduan P2MW 2025
    • Contoh Proposal P2MW
    • Lembar Pengesahan P2MW 2025
  • WMK 2024
    • Daftar Akun WMK 2024
    • Surat Rekomendasi PimpinanPT/Dekanat/Ka.Prodi
    • Surat Rekomendasi Khusus FEB
    • Alur Pendaftaran Akun WMK
  • Berita Terkini
No Result
View All Result
Pusat Kewirausahaan Inovasi dan Inkubator Bisnis - UMSU

Refashioned Soluvia Ecostra : Desain Fashion Kreatif Dengan Dukungan Augmented Reality

Maulana Mhd Hafiz by Maulana Mhd Hafiz
August 23, 2025
in Uncategorized
0
Refashioned Soluvia Ecostra : Desain Fashion Kreatif Dengan Dukungan Augmented Reality

Latar Belakang

Industri fashion yang selama ini kita nikmati, ternyata menyimpan permasalahan serius di balik gemerlapnya. Produksi pakaian massal atau fast fashion telah menciptakan krisis limbah fesyen yang semakin mengkhawatirkan. Peningkatan konsumsi pakaian yang cepat, penggunaan bahan sintetis yang sulit terurai, dan kurangnya kesadaran akan daur ulang telah menyebabkan penumpukan limbah tekstil di tempat pembuangan akhir. Selain dampak lingkungan, limbah fesyen juga memiliki dampak ekonomi. Industri fesyen menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk mengelola limbah mereka. Limbah fesyen juga dapat mengurangi nilai produk fesyen yang dijual. Di tengah krisis ini, munculah inisiatif menarik dari Soluvia Ecostra. Brand lokal ini tidak hanya menawarkan produk-produk fesyen yang berkualitas dan ramah lingkungan, tetapi juga menjadi pionir dalam menggabungkan teknologi augmented reality (AR) untuk memberikan pengalaman belanja yang unik dan informatif bagi pelanggan.

Soluvia Ecostra termasuk kategori industri kreatif, seni dan budaya tahapan bertumbuh. Soluvia Ecostra hadir sebagai wujud nyata dari integrasi nilai estetika, nilai tradisional, dan teknologi modern. Sejarah Soluvia Ecostra berdiri sejak bulan Mei 2024 dan memulai langkahnya sebagai UMKM dengan mengedepankan kreatifitas pada pengolahan ulang bahan denim bekas yang dikombinasikan dengan kain motif ragam hias dari delapan etnis di Sumatera Utara, kemudian diolah menjadi produk fesyen wanita yang memiliki ciri khas budaya yang kuat, terlihat mewah dan elegan. Nama merk usaha Soluvia Ecostra tentunya memiliki makna yang berarti, yaitu kata “Soluvia” berasal dari kata Solution berarti solusi dan Via berarti jalan atau cara. Jadi, “Soluvia” bisa diartikan sebagai “Jalan Solusi” atau “Solusi yang berkelanjutan”. Sedangkan, “Ecostra” adalah penggabungan kata Eco (ekologi atau lingkungan) dan Wastra (tekstil tradisional atau budaya). Jadi, Soluvia Ecostra menyiratkan usaha yang memberikan solusi yang berkelanjutan di bidang tekstil atau produk berbahan kain yang ramah lingkungan sekaligus melestarikan budaya wastra tradisional Indonesia.

Produk Soluvia Ecostra adalah produk fesyen dan kriya ramah lingkungan yang mencakup outer, blouse, tas, dan sajadah, dibuat dari kain denim bekas dikombinasikan dengan kain perca motif ragam hias delapan etnis Sumatera Utara  yang mengusung konsep upcycle fashion, produk ini tidak hanya mengedepankan desain kreatif dan fungsional, tetapi juga mengintegrasikan teknologi Augmented Reality (AR) pada label produk untuk menghadirkan pengalaman interaktif seperti cerita produk, edukasi lingkungan, dan panduan perawatan. Sebagai bagian dari industri kreatif tahap bertumbuh, Soluvia Ecostra berfokus pada inovasi desain berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan nilai dan kesadaran konsumen terhadap gaya hidup ramah lingkungan. Target utama pasar Soluvia Ecostra adalah pria dan wanita Gen Milenial dan Gen z yang mencintai dan peduli terhadap produk lokal yang berkeberlanjutan dan memiliki minat terhadap warisan budaya lokal. Seiring berjalannya waktu, brand ini terus berkembang dan bentuk perkembangan tersebut ditandai dengan hadirnya konsep baru berjudul “Refashioned Soluvia Ecostra : Desain Fashion Kreatif Dengan Dukungan Augmented Reality”, yaitu sebuah pembaruan strategi produk dan identitas visual yang lebih kuat dan pemanfaatan kain katun dan kain denim bekas sebagai bahan dasar serta penggabungan motif batik Jawa sebagai pelengkap elemen etnik yang sebelumnya telah diangkat dari Sumatera Utara.

Brand ini tentunya lebih dari sekadar perubahan material dan desain, Soluvia Ecostra juga melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi, dengan menghadirkan fitur Augmented Reality (AR) dalam produknya. Teknologi ini memungkinkan konsumen mendapatkan pengalaman interaktif yang mendalam saat menjelajahi produk, seperti melihat penjelasan motif, latar belakang budaya, atau gaya pemakaian langsung melalui perangkat digital. Inovasi ini menjadi langkah strategis dalam menjembatani antara nilai tradisional dan kebutuhan digital era kini.

Pada kondisi usaha saat ini, Soluvia Ecostra telah mendapatkan omset yang memukau dengan produk yang sudah terjual sebanyak 140 pcs sejak tahun 2024, pada kategori produk Outer sebanyak 72 pcs, Blouse 40 pcs, dan Tas 28 pcs baik dengan penjualan terbanyak pada daerah Kecamatan Medan Timur sebesar 52.1% baik penjualan secara offline maupun online.  Dalam membangun kehadiran aktif di berbagai kanal pemasaran digital, produk Soluvia Ecostra dapat ditemukan di marketplace populer seperti Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop, serta dipromosikan melalui berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp Business, dan email marketing. Kehadiran di platform-platform ini memungkinkan brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus membangun hubungan yang erat dengan konsumen melalui pendekatan visual dan naratif yang kuat.

Dalam perjalanannya, Soluvia Ecostra juga telah melakukan berbagai penguatan internal, seperti peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengembangan strategi pemasaran, hingga pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bentuk keseriusan dalam membangun pondasi legal usaha yang kuat. Soluvia Ecostra selalu mengedepankan kreatif, adaptif, dan berbasis nilai demi terus bertransformasi untuk menjadi pelopor fashion lokal yang berdaya saing, berwawasan budaya, dan berbasis teknologi masa kini.

Soluvia Ecostra memiliki struktur organisasi yang kreatif, solid, dan saling bahu membahu yang terdiri atas Kiki Syahrani sebagai CEO, Ayu Sri Ginanti yang merangkap peran sebagai COO dan CFO, serta Monica Rahmadani sebagai CMO. Kolaborasi antar anggota tim menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan visi Soluvia Ecostra sebagai brand fashion yang tidak hanya mengedepankan keindahan desain, tetapi juga memiliki nilai edukatif, sosial, dan lingkungan. Tim Soluvia Ecostra memiliki kompetensi sertifikasi menjahit dari BLK dan LPK, serta kompetensi administrasi keuangan, dan pengelolaan toko online yang diselenggaran shopee.

Tags: bimawa umsukewirausahaanp2mwpkw umsuPUSKIIBIPUSKIIBI UMSUumsuumsu medanwirausahamerdeka
Maulana Mhd Hafiz

Maulana Mhd Hafiz

Related Posts

UMSU GELAR SOSIALISASI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2023
Uncategorized

UMSU GELAR SOSIALISASI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2023

June 23, 2023
Uncategorized

BMC COMPETITION 2020

April 5, 2020
KBMI 2021
Uncategorized

KBMI 2020

April 5, 2020
KBMI 2019
Uncategorized

KBMI 2019

January 14, 2019
Mengembangkan Kewirausahaan Desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara
Berita Terkini

Mengembangkan Kewirausahaan Desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara

January 12, 2017
Load More
Next Post
Refashioned Soluvia Ecostra : Desain Fashion Kreatif Dengan Dukungan Augmented Reality

Scylla Serrata Menggunakan Sistem Apartemen

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular News

Plugin Install : Popular Post Widget need JNews - View Counter to be installed

By Categories

  • Berita Terkini
  • Event
  • Uncategorized

Kampus Utama

Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan, 20238
Sumatera Utara, Indonesia
Telepon: 061-6619056, 061-6622400 Ext. 106 & 108
Fax : 061- 6625474

Kampus Kedokteran

Jl. Gedung Arca No. 53 Medan 20217
Sumatera Utara, Indonesia
Telp. 061-7350163, 7333162
Fax.061-7363488

Kampus Pascasarjana

Jl. Denai No. 217, Medan, Sumatera Utara
Telp : 061-88811104

© 2020 UMSU - Unggul Cerdas Terpercaya

No Result
View All Result
  • Visi dan Misi
  • Struktur Organisasi
  • Pendaftaran
  • UKK
    • Daftar UKK disini
  • P2MW 2025
    • Materi P2MW – BELMAWA
    • Panduan P2MW 2025
    • Contoh Proposal P2MW
    • Lembar Pengesahan P2MW 2025
  • WMK 2024
    • Daftar Akun WMK 2024
    • Surat Rekomendasi PimpinanPT/Dekanat/Ka.Prodi
    • Surat Rekomendasi Khusus FEB
    • Alur Pendaftaran Akun WMK
  • Berita Terkini

© 2023 PUSKIIBI UMSU